Tarif Telpon Antar operator UPDATE

Tahun baru rasanya tidak lengkap jika saya tidak meng-update tarif ANTAR OPERATOR.

Berikut ini adalah tarif antar operator per 19 January 2011.

1. Telkom Flexi

2. Esia

3. StarOne

4. Fren

5. XL

6. Indosat

7. Telkomsel

8. Three

9. Axis

Seperti biasa, tarif yang akan saya gunakan adalah TARIF ATAS. Yaitu tarif SLJJ antar operator & SLJJ ke telpon rumah. Dengan alasan, karena sekarang nomor HP itu tidak bisa diketahui asal muasalnya, bisa saja kita menelpon SLJJ tanpa sadar. Contoh. Saya memiliki kerabat yang membeli nomornya di sulawesi, dia bukan orang sulawesi, tetapi karena waktu ke sulawesi melihat nomor cantik tersebut dia membelinya. Bagi kawan2 dia yang di Jakarta, dan tidak tau hal tersebut, apabila menelpon kerabat saya tersebut, akan kaget bila pulsanya tersedot habis dengan cepat.

Kubu CDMA

  • Flexi 1364-1454/menit
  • Esia 2727-2273/menit
  • StarOne 1250/menit
  • Fren 1320-1650/menit

Kubu GSM

  • XL 1800-2100/menit *XL banyak paket, paket yang lain kepala saya liatnya mumet
  • Indosat 1750/menit (paket mentari), 1800/menit (paket sakti), 1500/menit (paket IM3)
  • Telkomsel 1800-2100/menit (simpati), 600/menit (As)
  • Three 1000/menit
  • Axis 900/3menit, 600/menit (pake4, free2)

Pertama-tama, saya akan memberikan penghargaan kepada Esia, karena tarif SLJJ antar operator nya yang PALING mahal. Esia mendapat nilai E.

Lalu, untuk tarif di atas 1700/menit, akan saya berikan nilai D. Pemenangnya adalah XL, Indosat (mentari), Telkomsel (Simpati)

Lalu, untuk tarif di atas 1200/menit, saya akan berikan nilai C. Pemenangnya adalah Flexi, StarOne, Fren, Indosat (IM3)

Untuk tarif di atas 950/menit, saya akan berikan nilai B. Pemenangnya adalah THREE

Untuk tarif termurah, saya berikan nilai A. Pemenangnya adalah Axis, dan Telkomsel (As).

Khusus Axis, saya berikan A+, karena bila memakai tarif Rp. 600/menit, itungannya per 100 rupiah (10detik), sedangkan As langsung potong Rp. 600 sekali telpon, dan bilamana menggunakan tarif Rp. 900/3menit, kalau telpon lama lebih murah.

KESIMPULAN: Jaman sekarang banyak yang ngaku2 murah, tapi belom tentu murah. Bila kita cermat dan teliti, akan lebih hemat. CDMA yang selalu menyatakan dirinya murah juga belom tentu murah. Sekarang ini paling aman dan nyaman adalah menggunakan GSM, karena kualitas layanan GSM yang jauh di atas kualitas layanan CDMA, banyak pilihan operator yang artinya harga bersaing dan juga layanan GSM ini tersedia di 98% negara di dunia sehingga bisa roaming atau tinggal beli sim card di negara tujuan saja.

About these ads

28 Responses to Tarif Telpon Antar operator UPDATE

  1. 4hacker38 mengatakan:

    mantabs broo.. Kunjungan blik ya bro..

  2. Ping-balik: Tarif Telpon Antar operator « tariftelpon

  3. theone mengatakan:

    mantap infonya

  4. ughisnsp mengatakan:

    wah menarik ulasannya nih, bagaimana dengan operator CDMA smart?
    setahus saya smart menerapkan Rp 500/menit, untuk lokal/nonlokal/selular/pstn
    begitu juga dgn tarif Fren Extra mirip dgn Smart
    link: http://www.smart-telecom.co.id/index.php?module=content&method=detail&id=13

    • tariftelpon mengatakan:

      sebenernya saya tahu & PERNAH punya juga handphone smart.
      Dulu waktu pertama2 smart keluar, ada salah satu keluarga saya yang beli SMART sebanyak 50 buah, dan memaksakan semua saudara2nya pake HP smart.

      Tetapi permasalahan utamanya sekarang adalah market sudah saturated. Saya yang pada waktu itu bawa 2GSM+1CDMA menjadi 2GSM+2CDMA. HP Flexi saya aja banyakan isinya dari pada makenya. Seminggu cuma kepake 1-2x. Bawa2 HP SMART, 1 bulan cuma buat telpon 1-2x doank, padahal di GSM waktu itu pake AXIS & XL telp ke sesama axis juga ngak mahal Rp. 1/detik.

      Jadinya yah begitulah, akhirnya jadi males di bawa, bukan saya aja, tetapi semua saudara2 saya yang lain. Dalam 5 bulan sudah tidak ada lagi yang pake SMART.

      Sebenernya kalau anda baca mengenai review saya mengenai Tarif antar operator di yang pertama kali, saya tidak memasukan CDMA sama sekali. Di yang kedua ini saya memasukan CDMA karena ingin mewanti2 agar tidak terjebak CDMA seperti misalnya ESIA yang harganya sudah termasuk tidak masuk akal.

      SMART tidak saya masukan ke dalam daftar, karena rasanya saya ragu akan visibility ini perusahaan. Pada saat ini semua perusahaan CDMA di Indonesia tidak profitable karena lingkaran setan CDMA, dan SMART akan lebih susah menarik pelanggan karena sebagai yang terakhir. Selain itu SMART juga cakupannya sangat kecil. Dan dalam 2 tahun archivementnya sangat minim. Sehingga surviveablitynya sangat meragukan.

  5. maRio mengatakan:

    wew ternyata M3 sekarang mahal ya……baru tau soalnya selama ini cuma pake telp kantor hehehe

  6. Ping-balik: Tweets that mention Tarif Telpon Antar operator UPDATE « tariftelpon -- Topsy.com

  7. Ping-balik: Tarif Telpon Antar operator UPDATE (via tariftelpon) « dunia digital

  8. GulitMCR mengatakan:

    Tanks, jing.

  9. mamo mengatakan:

    (3 juni 2011 jam 21.44) saya habis telpon ke sesama IM3..seperti kbiasaan saya,selalu saya check pulsa sblm saya menelpon dan sesudah telpon…pulsa saya 12.340 setelah saya pakai telpon ke teman yg im3 juga (dalam kota) selama 56 menitan (hampir satu jam) pulsa saya tersisa Rp. 440,- normal kah? dulu saya pakai 1 jam hanya habis 2000-3000 knp skrg jadi segini? apa saya salah informasi ato emang kalo telpon kudu pakai registrasi berbelit belit dulu ya?

    • tariftelpon mengatakan:

      orangnya dalam 1 kota, tetapi mungkin saja nomornya beli dari kota lain.
      saya juga ada saudara yang beli nomornya di pulau lain (sulawesi), hanya karena menurut dia itu nomor cantik.

      gara2 satu orang itu, semua banyak yang kejebak.

  10. gembos mengatakan:

    wooo thanks mas broo… dirimu sudah beri sedikit pencerahan.. 5 menit yang lalu nelpon pake xl cuma 1 menit 3 detik udah kena Rp 3000an dhasat xl … trus kadar penipuannya juga cukup besar. saya pake xl udah 3 tahun ini n rasanya saya harus pindah provider cos dompet makin lama makin tipis nelpon butuh dikit keluarnya banyak.. gak BEP dok ma hsil yang diperoleh dari telponya … rugi… ajak teman jangan pake xl nipu melulu..

    • tariftelpon mengatakan:

      sama2.
      saya buat blog ini karena cukup kesal para provider tuh tulis murah dalam operator
      tapi kalau sudah yang namanya lintas operator, gilanya setengah mati, terutama yang tiga besar itu yaitu telkomsel, xl, indosat.

  11. Freya mengatakan:

    Smua sama aja tariffnya bikin nyekek leher;mau ganti2 cari yg murah nanti tmn2 ngomel2 ganti2 trs :D tp thx inpoonaa :)

    • tariftelpon mengatakan:

      makanya harus pake Nokia C2-03 yang bisa 2 kartu.
      kartu lama… incoming only… isi tiap kali cuma Rp. 10,000, cuma untuk perpanjang masa aktif doank, dan di pakai sampai habis….

      kartu baru… untuk lintas operator.

  12. ard mengatakan:

    mas, diupdate lagi artikelnya, sekarang ada paket indosat mobile, tarifnya beda dengan mentari/im3. kartu as tarifnya sekarang berubah juga

  13. Slamet sudrajat mengatakan:

    Mau tanya dong saya pengguna indosat pake mentari kartu saya, kalo saya telphone ke XL kalo tidak bisa langsung nyambung ke nomer yang dituju kan biasanya operator XL nya yang jawab, itu pulsa saya langsung terpotong 1000 s/d 2000 rupiah, kalo saya ulangi lagi telpnya dan msh operator yang jawab ya terpotong lagi.

  14. Dodi achonx mengatakan:

    Kta cva axis plg murah.. Buktinya sya klo nlpn bru 7mnt dah abis 5rbu.

  15. Dodi achonx mengatakan:

    Kta cpa axis plg murah.. Buktinya sya klo nlpn bru jga 7mnt dah abis 5rbu.

  16. dado mengatakan:

    info hebring…
    Sangat membantu
    ditunggu update 2012

    • Dedy mengatakan:

      Otak lu emg dah doll ya. Axis pnya trik sndri dlm nelfon. Axis ada bonus nlpn siang 1000menit stlh pke rp500. N malem 100menit stlh pke rp1500. Triknya pas udh nelpon 40dtk pada siang hari lgsg di matikan. Tggu smpe ada sms yg blg lo dpt bonus. Karna tarif axis 10dtk/rp100

  17. Anthony Keehl mengatakan:

    @dodi achonx: lw bego atau apa? liat dulu ni info update tanggal berapa, kalo tahun 2012 ya udah berubah kale

  18. Suryadi Kombadeng mengatakan:

    berguna banget nih, thankz…..

  19. SUTARNO DAMPALCOM mengatakan:

    Bagaimana dengan Ceria mas ? saya punya mertua memakai ceria, kalau saya pakai kartu lain, wah bukan main borosnya, tapi sekarang khusus ke mertua saya pakai ceria.

  20. Sebagai Pelanggan yang Cerdas, kita hendaknya bisa memilih operator seluler sesuai dengan kebutuhan kita. Banyak orang mempertahankan ‘loyalitasnya’ kepada salah satu operator yang notabane nya justru memberikan tarip MAHAL. Hal ini justru menjadi suatu keuntungan bagi operetor untuk mengeruk pundi-pundi rupiah dari kantong kita. Sadar atao tidak sadar, pundi-pundi rupiah kita telah tergerus semakin dalam dengan iming-iming fasilitas WAH nya..!!!

    Mungkin Anda adalah satu pelanggan TELKOMSEL yang punya paket nelpon MAHAL??? Jangankan nelpon ke operator lain, telpon ke sesama ‘saudara kandung’ sendiri aja MAHAL nya minta ampun. Gak sesuai dengan Promo nya. Yang harus registrasi lah… yang harus punya minimum saldo lah.. dll. Belum lagi tarip SMS nya dimana untuk mendapatkan gratisan harus kirim 5-8 SMS!

    Nih…Ane mau share tentang Tarip MURAH nya Telkomsel di Perdana Baru Kartu As (HARUS pake nomor baru karena nomor lama telkomsel Anda tidak bisa dipindah/diupgrade ke paket ini!!). Yuk….kita simak, seberapa MURAH sih jika dibandingkan dengan paket-paket yang udah ada? Berikut reportase nya…

    Tarip Perdana Baru Kartu As (AREA JATIM)
    Pukul 00.00-16.59: Rp 40/menit, pakai Rp 1.200 (30 menit) akumulasi GRATIS nelpon 60 menit, kirim 1 SMS (Rp 150/SMS) GRATIS 500 SMS (480 SMS ke sesama dan 20 SMS ke lain operator)
    Pukul 17.00-23.59: Rp 80/menit, pakai Rp 2.400 (30 menit) akumulasi GRATIS nelpon 30 menit, kirim 4 SMS (Rp 150/SMS) GRATIS 100 SMS (80 SMS ke sesama dan 20 SMS ke lain operator)
    Pukul 23.29-00.00: Rp 270/menit ke semua operator

    Sudah jelas kan….lebih MURAH kan????
    Bagi yang berminat bisa pesa via SMS ke 0878-5413-8558, melayani seluruh Indonesia
    .: Nelpon MURAH Telkomsel :.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: