Operator GSM yang cocok buat traveler

Emang judul web site saya tarif telpon, tetapi selain tarif telpon ada lagi hal laen yang sama pentingnya. Yaitu masa aktif, persyaratan aktif, dan metode penambahan pulsa.

Berikut ini saya akan membahas kartu GSM yang cocok dipakai buat orang2 dari luar negeri yang akan datang ke indonesia, dan juga untuk orang indonesia yang sering berpergian ke luar negri. Karena focusnya adalah traveller, maka yang masuk disini adalah PraBayar. CDMA sengaja tidak dibahas disini, karena kalau orang dari luar negri ngak mungkin bawa CDMA, dan kalau orang sini yang mau keluar negri pasti juga punya GSM.

Berikut ini adalah kartu2nya.

  • Kartu AS dari Telkomsel
  • Kartu Simpati dari Telkomsel
  • Kartu IM3/Mentari dari Indosat
  • Kartu XL
  • Kartu three
  • Kartu Axis

Pertama2 babak penyisihan dulu nih. Saya akan mendiskualifikasikan 2 buah kartu dulu.

  • Kartu IM3 & Mentari dari Indosat di diskualifikasi terlebih dahulu karena memiliki masa aktif Maximum hanya 90 hari. dan masa tenggang 30 hari. Setelah melewati 120 hari ini, pulsa hangus, nomor hangus. Sangat tidak flexible. kalau mau perpanjang tambah duit, kalau lupa isi lagi, duit masih ada banyak, lebih celaka.
  • Kartu XL juga akan saya diskualifikasi karena masa aktif maximum hanya 120 hari + 20 hari masa tenggang. seperti kartu indosat, sangat tidak cocok bagi traveler.

Nah khusus yang 2 ini sebenernya tidak masuk nominasi saya, tetapi ada perbedaan dengan yang di atas.

  • Kartu Three mempunya masa aktif maximum 90 hari, dan masa aktif akan di perpanjang bila ada pemakaian. bagi traveler ini emang tidak flexible, tapi bilamana misalnya traveler tersebut sudah hampir 90 hari diluar negri bisa sms ke mana aja, pulsa ilang, tetapi tambah 90 hari lagi.
  • Kartu As dari Telkomsel sama seperti kartu three, bedanya 30 hari doank masa aktif dari pemakaian terkhir.

Yang mana akhirnya hanya tinggal 2 buah kartu doank. Simpati dari Telkomsel, dan kartu Axis.

Simpati dapat memiliki masa aktif yang cukup lama sampai 210 hari, tetapi sayangnya perlu Rp. 500rb untuk dapat masa aktif 210 hari. dan masa aktif simpati tidak komulatif, yang mana artinya harus isi langsung 500rb.

Sedangkan Axis, masa aktifnya adalah komulatif, isi 10rb dapat 14 hari, isi 20rb dapat 30 hari. Isi 20rb sebanyak 10 kali (total rp. 200rb), dapat masa aktif 300 hari. Isi 200rb sebanyak 25kali (total 500rb), dapat masa aktif 2 tahun.

Enak kan pake axis. bagi orang asing yang datang ke indonesia, beli axis + (misalnya pulsa 20rb), pulsa abis, beli lagi… dst.. tau2nya masa aktif panjang. misal isi ulang 5x20rb = 5 bulan. Kalau ternyata banyak SLJJ, misalnya isi sampe 20rbx12 aja (240rb), masa aktif sudah 1tahun. berbeda dengan simpati, isi ulang 20rb sebanyak 5x, masa aktif sebelom pulang kampung pasti kurang dari 20 hari.

Bilamana bagi kita2 yang suka travel ke luar negri pake axis juga enak. saya punya masa aktif axis 2 tahun, andaikata saya pergi keluar negri 2 tahun, saya tidak takut kartu saya lenyap, dan saya tidak perlu pikirin kartu harus diisi ulang, dan pulsa jadi numpuk, lalu hangus.

So,

bagi yang punya saudara2 yang tinggal di luar negri kalau dateng ke indonesia… cuma ada 1 kartu yang patut di anjurkan ke mereka2. kartu AXIS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: