Fakta seputar Blackbery

Belakangan ini di indonesia saya sering mendengar kata2 bahwa nokia sudah wafat, dan blackbery hebat. Tetapi sayangnya media yang ikut menggembar gemborkan hal2 ini tidak betul2 mengerti apa yang mereka bicarakan.

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar blackbery.

  • Blackbery menjadi terkenal di indonesia karena memberikan mobile unlimited internet. Jadi bila kita liat sekarang ini di hampir seluruh operator celular sudah memberikan paket unlimited / semi-unlimited yang tidak memerlukan blackbery, bahkan ada yang cuma 25rb perbulan, lebih murah dari blackbery, kebesaran blackbery sebenernya sudah memudar. Dan media di Indonesia GAGAL memberitakan fakta ini.
  • Blackbery di sanjung2 oleh pedagang handphone 2nd bukan karena baik, tapi karena memberikan profit yang sangat tinggi dibandingkan menjual handphone bermerek seperti nokia, samsung, lg. Karena blackbery asal muasalnya dari corporate. di negara2 tertentu blacbbery adalah handphone yang diberikan perusahaan kepada pegawainya secara gratis. setelah 1 atau 2 tahun kontrak habis, handphone diganti blackbery yang baru. nah, handphone2 bekas inilah yang di import oleh pedagang 2nd di indonesia dan di refurbish (ganti casing), lalu di jual mahal.
  • penjualan blacbery di seluruh dunia tidak sebagus apa yang diberitakan di media kita ini. bedasarkan wikipedia, sampai degan akhir 2008, jumlah blackbery yang terjual dari 1998-2008 hanya 50juta buah. sebagai perbandingan, nokia menjual E71 lebih dari 50juta buah dalam 1 tahun. ini belom termasuk angka dari E63 yang terjual lebih banyak. sebagai catatan saja, hanya pada tahun 2009, nokia berhasil menjual lebih dari 200jt N series & E series. Jadi penjual nokia selama 3 bulan sama dengan penjual blackbery selama 10 tahun.
  • Di Indonesia menurut telkomsel, 120 juta pelanggan, 70% nokia (bedasarkan IMEI di BTS), dan hanya 200 ribu pelanggan blacbery.
  • Handphone nokia, motorola, lg, samsung, sony ericson, dlsb juga bisa untuk chatting dengan menggunakan GPRS dan software tertentu seperti nimbuz atau chatbuddy.
  • Blackbery terkenal di america, karena operator di america kalau SMS nyampenya telat, antara 10 menit – 3 jam. Jadinya kalau mau kirim message yang pasti nyampe dengan cepat hanya dengan blackbery saja.

Jadi, apa hebatnya blacbery, kecuali memberi untung berlebih untuk pedagang handphone 2nd?

Update: Cerita lucu seputar BB dari kawan saya

10 Responses to Fakta seputar Blackbery

  1. baronlay mengatakan:

    tak sikitpun nafsu pake bb,, bisanya apa aja ea, secuil jak., ,p

    • tariftelpon mengatakan:

      Terima kasih atas commentnya mas,

      Saya tuliskan ini disini karena saya mengenal beberapa penjual handphone, dan mereka mengakui pada awal2 BB masuk Indonesia mereka tuh bisa untung sampe 1-2juta / bb. Karena jual barang refurbish.

      Saya kasihan aja bagi mereka yang beli BB karena kira BB hebat sekali, jadi harus tau fakta juga. Jangan sampe dibohongin penjual.

  2. baronlay mengatakan:

    ya memang begitu pak adanya bila sedang trend, bila punya duit, kdang manusia jd khilaf en tak pkr panjang hoho bb cm buat messenger an pd umum nya, blm ditambah biaya langganan inet nya, aku emang org tak mampu euy,, jgn lecehkan aku ea😀

  3. SYMBIAN mengatakan:

    Nokia is the best

  4. siregar mengatakan:

    beli bb rugi.
    harga jatuh banget.
    baru pake sebulan udah kurang 60% harganya.
    belom lagi banyak bb palsu.

    • tariftelpon mengatakan:

      nokia juga ada palsunya, hati2.

      kalo bb harga turun cepet karena banyak bb refurbish. untuk tipe yang bukan baru, banyak yang memasukan bekas dari amerika, lalu mereka perbaiki component yang rusak, seperti misalnya keypad, lcd, dan lain2. lalu di jual dengan harga baru.

      bekasnya ini murah banget loh, model 2 tahun lalu cuma sekitar 20 dollar doank. ini dikarenakan di amerika sono bb umumnya hp gratis dari perusahaan, jadinya 2 tahun, perusahaan gantiin yang baru (sudah di write off di pembukuan), dan mereka ngak peduli sama bekasnya. kadang di buang di recycling center, kadang di jual di ebay 20an dollar.

      nah pedagang2 hp yang melihat prospek businessnya, langsung borong, lalu di olah, dan di jual dengan harga jutaan. ini yang menyebabkan kalo kita beli hp ke toko non-nokia, toko yang jual banyak merek, pasti kita di bujuk beli bb aja, dengan berbagai alasan. tetapi alasan utamanya adalah mereka untung gede dari bb liar ini.

  5. Hadya_HKM mengatakan:

    Wah baru tau, hehe… Makin anti deh ma tu BB, hehe…, ya namanya juga Trend, dulu Nokia 6600 juga sempat ngetren kaya BB, soalnya kalangan seleb yang pakai, kadang kan masyarakat awam menganggap itu keren dan gaul, hehe…

    • tariftelpon mengatakan:

      sebelomnya salam kenal juga mas hadya,

      namanya penjual tuh emang gitu, selalu berusaha untung besar dengan modal kecil. tapi saya menilai menjual barang refurbish di bilang baru sudah kelewatan. pernah masuk tv juga loh, kalo ngak salah trans tv. tapi yang di kasih lihat waktu itu bukan bb, tapi hp merek seperti nokia, se, dll.

      untuk informasi tambahan aja, merek selain bb juga ada refurb di bilang baru, kalau type udah keluar 1-2 tahunan. tapi karena mereka beli bekas di indo atau di negara seperti hk, singapore, harga tidak bisa semurah bb yang di america itu untuk dikasih2 di perusahaan. maka dari itu penjual hp tuh paling seneng ama bb.

      sekedar informasi, kalau mau beli hp sebaiknya di toko resmi. mahalan 100-200rb itu jaminan mutu. dari pada beli di toko entah berantah.

      • Hadya_HKM mengatakan:

        salam kenal juga Mas, iya sih keterlaluan kalo yang refubris dijual dengan harga yang baru; untungnya banyak bener, tapi sampai sekarang saya masih ngeliat antara harga dan fitur yang dibawa BB, kalo merek lain lebih murah dan lebih komplit fiturnya kenapa engga, hehe…

        Iya mas saya juga sering lebih suka beli hape di toko resmi dan kalo ditawari antara garansi resmi sama distributor jelas pilih resmi, soalnya klaim pas terjadi sesuatu cepat ditangani dan kadang kalo masalah erornya berat bisa langsung ganti baru, hehe🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: