Mafia SMS

Hati2 dengan mafia SMS!!

Sebenernya ini sudah ada beritanya di koran, online publication, dan lain2. Tetapi yang selama ini ditulis oleh koran dan lain2 itu, hanyalah dusta yang membantu oknum jahat meloloskan rencananya. Saya baru sempat menulis article tentang ini, karena blog saya baru mulai.

Belakangan ini ada isue tak sedap bahwa operator memberi SMS murah adalah menyalahi aturan pemerintah, dan SMS murah merugikan pengguna handphone.

Saya ingin menjelaskan bahwa pernyataan tersebut adalah SALAH!!! dan issue ini sengaja dilontarkan oleh MAFIA SMS.

Lengkapnya adalah ada oknum yang ingin mendapatkan duit dengan mudah dan menurut saya ini duit haram. Oknum tersebut dengan mendorong/mengajak/menebar issue bahwa SMS murah merugikan pengguna handphone karena menyebabkan pengguna handphone banyak mendapat Junk SMS.

Sebelomnya saya harus menjelaskan cara/etika SMS di belantara international. Di seluruh dunia… KECUALI america serikat, SMS adalah SENDER KEEP ALL. yang artinya pengirim menerima semua duit. saya rasa ini sudah cukup jelas artinya. Di amerika serikat, operator pengirim menerima duit yang ditagih dari penggunanya, tetapi si penerima juga menerima duit yang ditagih dari penggunanya juga. misalkan si A menggunakan operator AA, si B menggunakan operator BB. Bila A mengirim SMS ke B, maka operator AA akan memotong pulsa A karena mengirim SMS, dan operator BB akan memotong pulsa B karena menerima SMS.

Ini dikarenakan bahwa SMS sebenenrya hanya menggunakan resource yang sangat kecil dibandingkan dengan voice. 1juta SMS mungkin menggunakan resource yang sama seperti 1 menit suara. Maka dari itu nilai SMS sebenernya murah.

Di luar negri, banyak operator yang menawarkan bulk sms. misalkan 1 bulan 1000 sms = US$1, 5000 sms = US$2, unlimited sms = US$ 5. Jadi apa yang dilakukan Axis, Three, XL, Indosat, Telkomsel adalah wajar.

Lalu kenapa dulu SMS mahal banget:

  • karena dulu persaingan tidak seketat sekarang
  • karena harga perangkat turun terus. sebagai contoh jaman dulu handphone dumbphone harganya bisa 10jutaan, tidak berwarna, segede batu bata, sekarang yang kecil tidak bewarna aja ngak sampe 300ribu. begitu juga dengan harga BTSnya. sudah turun jauh.
  • Dulu digunakan oleh sedikit orang, sekarang banyak, jadi investasi operator yang mahal dibagi angka besar, harga SMS bisa murah

Nah, lalu apa hubungannya dengan tulisan ini…. Saya melihat ada pihak2 tertentu yang tidak puas, dan ingin mengambil keuntungan yang bukan miliknya tanpa bekerja keras. Mereka memaksa operator menyetujui untuk memasang alat di antara operator sebagai counter, untuk dikenakan pajak/fee.

saya ambil contoh. pada saat ini jika kita sms dari telkomsel ke indosat, sms nya itu akan langsung jalan dari servernya telkomsel ke indosat. begitu juga bila kita sms dari indosat ke proxl. dan seterusnya.

Nah oknum itu menginginkan memasang alat, jadi bila telkomsel mengirim sms ke indosat akan melalui alat si oknum tersebut. bila proxl ingin menirim sms ke telkomsel melalui alat si oknum tersebut. dan oknum tersebut akan mengambil duit / fee yang akan dibagi antara pemerintah indonesia dan pemilik alat (oknum tersebut).

Saya merasa rencana ini adalah rencana kriminal yang sangat kurang ajar. kenapa sesuatu yang sudah berjalan sekarang harus ada calonya.

saya ambil contoh lain. saat ini e-mail boleh dibilang gratis, dan mendapatkan junk mail adalah hal wajar, kenapa mendapatkan junk sms harus ribut2?

maka dari itu saya harap kita-kita ini jangan sampai termakan issue negative bahwa sms murah merugikan kita. karena ini issue sengaja ditebar oleh oknum yang bermaksud kurang ajar.

Semoga tulisan ini menggagalkan rencana oknum jahat tersebut untuk merampok duit masyarakat umum tanpa bekerja keras.!!!

5 Responses to Mafia SMS

  1. adit38 mengatakan:

    patut disebarkan kalo gt.

  2. syechanbaraqbah mengatakan:

    betul banget tuh..

  3. Mahardika mengatakan:

    Lha posisi BRTI dimana tuh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: