Apakah iPhone benar2 handphone terbaik?

Tahun baru handphone baru!!! Belum tentu sih, tetapi dengan banyaknya iming2 handphone baru, pasti semua udah pada gatel ingin beli handphone baru.🙂. Nah walaupun ini tidak berhubungan langsung dengan tarif telpon, tapi baca dulu deh, ini ada hubungannya juga dengan uang pada akhirnya.

Baru saja saya membaca beberapa artikel di internet, yang menyatakan iphone adalah handphone terbaik sejagat. Terbanyak dipakai, tersukses, terlaku, dll. Hanya saja android sudah berhasil menyusul.

Berita2 seperti ini saya golongkan berita sesat, karena tidak sesuai dengan fakta.

Fakta 1: Nokia menjual kurang lebih 100juta smartphone pada tahun 2010, iphone HANYA sekitar 50jutaan.

Fakta 2: Untuk menggunakan iphone / membeli applikasi di app store, di butuhkan kartu kredit(UPDATE: baca disini, ternyata bisa). Jadi bagi kaum yang tidak punya kartu kredit, atau tadinya punya tiba2 tidak punya… gimana?? Menurut data yang saya dapat dari nokia. Negara Jerman yang tergolong maju hanya 30% dari penduduknya yang punya kartu kredit. Jadi artinya iphone tidak bisa merangkul kalangan bawah… UPDATE: Untuk mendownload applikasi ternyata TIDAK butuh kartu kredit, tetapi untuk mendownload yang berbayar TETAP perlu kartu kredit. Tidak seperti di Nokia Ovi store yang bisa menggunakan pulsa handphone (di Indonesia belom bisa, tapi di negara lain sudah)

Oleh karena fakta2, maka dari itu, pemakai iphone tidak akan melebihi OS lainnya. Dan ini akan mengakibatkan pada great scheme nya, iphone susah menang. Contoh seperti ini adalahVHS vs. Betamax, HD-DVD vs. Blueray. CD-audio vs. MiniDisk.

Fakta 3: Bahaya menggunakan iphone/ipod/ipad dikarenakan fakta 2. Lihat ini: goldenyears.gather.com/viewArticle.action?articleId=281474978873198. Tidak hanya bagiyang berumur 6 tahun doank. Bagaimana bila anak remaja, semisal SMP/SMA hpnya dipinjam temannya dan lalu temannya yang tidak tahu bahwa iphone itu terhubung langsung dengan kartu kredit, dan menghabiskan duit jutaan rupiah??

Fakta 4: Pada Nokia, setelan GPRS/3G/MMS itu otomatis, tinggal masukan saja kartu telpon negara apa aja, langsung setelannya sudah muncul. Ini dikarenakan Nokia eksis disemua negara. Sedangkan pada iphone, ganti kartu, harus setel manual. Canggih?? siapa bilang iphone canggih…

Fakta 5: Beli smartphone baru sebagai pengganti handphone lama, dan ingin transfer address book. Pada smartphone nokia, ini hanya masalah 1 menit. Tinggal pencet Sync/Copy pada handphone nokia baru, lalu dari nokia lama akan transfer notes, address book, SMS, semua. CEPAT & Handal. Pada iphone…. Good luck deh… pertama2 harus punya PC dulu. Kalo ngak punya ngak bisa. Kedua, jalanin software itunes. Kalo computer kuno pake USB sebelom 2.0 bisa 2-3 jam untuk 6GB punya data…. dan belom tentu berhasil. Kalo USBnya udah 2.0 ke atas hanya 5 menit… tapi juga belom tentu berhasil… Jadi canggihnya dimana iphone itu???

Fakta 6: Pengen backup address book, pada iphone, perlu itunes lagi, perlu repot, kalo USB sebelom 2.0, perlu 3jam+. Dan belom tentu berhasil. Pada smartphone nokia… bisa backup address book ke internet cloud. ke ovi. hanya 1 menitan saja, dan tidak perlu computer.

Fakta 7: Pake internet tidak unlimted, dan mau pake peta. Pada iphone, tidak bisa, pada nokia, petanya bisa di predownload pake wifi, tidak perlu computer. Keluar negri jadi nyaman. Tidak perlu beli kartu khusus hanya untuk liat peta.

Kesimpulan:

iPhone ada bagusnya juga, tapi merek lain juga ada kelebihannya, dan iphone juga banyak kekurangannya. Maka dari itu, saya rasa bagi yang terlalu meng-agung-agungkan iphone, harus melihat lebih jauh, apa iphone benar2 handphone terbaik, atau hanya bualan jurnalis saja. Karena saya sudah mencoba iphone & nokia, tapi tetap cinta pada nokia saya.

17 Responses to Apakah iPhone benar2 handphone terbaik?

  1. hanin mengatakan:

    Sebelumnya, sorry kalo komen saya berikut ini agak keras.

    1. Data penjualan sekilas seperti ini tidak menunjukkan siapa yang lebih baik. Anda perlu lebih tajam menganalisa segmen pasar iPhone dan Nokia. Juga, dengan varian produk yang lebih banyak, Nokia seharusnya menjual lebih dari 100juta dibanding Nokia yang cuma punya 2 varian produk (3G, dan 3GS).

    2. Saya punya lebih dari 60 aplikasi di iPhone saya, tidak satupun saya beli dengan kartu kredit. Jujur, saya malah ngga punya kartu kredit! Bohong besar kalau aplikasi iPhone harus bayar lewat kartu kredit. Hampir semua aplikasi iPhone ada versi gratis-nya, bahkan untuk versi jailbreak ada di apptrackr.org secara gratis. FYI, jailbreak atas iPhone sudah dilegalkan oleh kongres AS.

    3. Keamanan penggunaan kartu kredit, tanpa smartphone apapun adalah tanggung jawab pemilik kartu kredit. Lagipula, jika itu masalah download content, setiap kali Anda akan download dari appstore akan ditanya password. Dan perlu diketahui, harga content di appstore hanya berkisar 0,99 dollar saja.

    4. iPhone dijual dengan bundel operator. Jadi setting sudah diatur langsung oleh operator. Jika Anda beli versi unlock, setting ini memang kemudian bisa dipilih secara manual. Kalau Anda kesulitan setting 3G di iPhone, maaf, artinya iPhone versi unlock memang bukan untuk Anda.

    5. Pengguna iPhone, hampir dipastikan tidak ada lagi yang memiliki USB di bawah 2.0. Balik lagi, segmen iPhone tidak ditujukan untuk kalangan yang ketinggalan teknologi seperti itu, toh sekarang USB sudah ada versi 3.0. Lagipula, backup address book, notes, sms, tidak mungkin sampai 6GB. Kebanyakan isi iPhone adalah multimedia, yang dari awal memang didesain sebagai versi mobile dari file multimedia yang ada di komputer. FYI, saya biasa backup tanpa kabel, lewat wifi. Ups, jangan bilang komputer Anda ngga ada wifi-nya. Kirim-kiriman address book via bluetooth di iPhone juga bisa kok.

    6. Anda benar, di iPhone tidak ada fasilitas cloud. Poin ini saya lebih suka dengan Nokia. Meski saya tetap tidak suka jika data saya ditaruh di server milik orang lain, entah apa yang terjadi dengan data saya di sana nanti, diintip atau diapakan.

    7. Di iPhone saya ada navigasi Papago dan Sygic dengan peta Indonesia yang predownload. Saya bisa browse tanpa koneksi internet. Navigasi turn-by-turn dijalankan dengan GPS chip di iphone, tanpa bayar pulsa lagi karena tidak perlu koneksi internet. Saya pakai paket internet unlimited dari Mentari, dan push mail yahoo saya jalan dengan lancar jaya.

    No hurt feelings, cuman share dari pengalaman saya saja.

    • tariftelpon mengatakan:

      saya akan mencoba menjawab satu per satu.

      1. secara keseluruhan nokia menjual 500 juta handphone lebih, angka resmi tahun 2010 belom keluar, nanti saya update lagi. 100 juta hanyalah seri E+N saja. sedangkan iphone tahun 2009 hanya jual 30an juta, 2010 hanya 50juta. angka pastinya nanti akan saya updatin lagi. sebenernya iphone berhasil merajarela bukan di america, tetapi di australia. penjual iphone di america telah di gusur oleh android. dan permasalah iphone adalah apple tidak mau menjual banyak variant. maka itu tidak akan mendominasi pasar.

      2a. Untuk informasi, saya juga memiliki iphone, tetapi gratisan, warisan dari adik yang sekolah di luar negri. saya tau bahwa untuk mendownload applikasi di iphone TIDAK harus dengan credit card. TETAPI untuk FULL experience, tanpa credit card tidak bisa beli applikasi. Ini berbeda dengan nokia, yang mengajak provider untuk sharing revenue. Sehingga bagi negara2 yang credit card tidak umum, bisa pake operator billing.
      2b. Untuk mendaftar itunes perlu credit card!!!!!!! Jadi kalau mau punya account itunes walaupun untuk mendownload applikasi gratis, tetap perlu credit card!!!!
      2c. untuk jailbreak. DOWNLOAD APPLIKASI ILLEGAL adalah CRIME/KEJAHATAN. jailbreak yang dimasuksud legal adalah menggunakan iphone pada operator yang bukan bawaannya. semisal beli di telkomsel di lock, lalu pake di indosat. itu legal!!! tapi untuk BAJAK SOFTWARE, itu illegal!!!!

      3. Anda menulis point 3 anda tanpa membaca article yang saya post: http//goldenyears.gather.com/viewArticle.action?articleId=281474978873198
      anak umur 6 tahun, main ipod/iphone terjebak, bukan 0.99 USD tapi 99.00 USD sekali pencet…. TOTAL USD 600 = 5.4 juta rupiah!!!!!

      4. iphone yand dijual versi locked itu seperti kaki di borgol ke penjara!!! versi unlock, tidak auto-set settingan GPRS/3G/MMS. Pada handphone nokia, walaupun saya punya versi unlock untuk E61i, N81, N8, C3. Ketika saya jalan2 ke singapore, china, hongkong, thailand, malaysia dan taruh kartu SIM saya, settingan internet langsung ada, tidak perlu call2 operator, tidak perlu pusing…. jadi dalam hal travelling nokia emang lebih yahud dari iphone.

      5. Kelebihan nokia adalah resell valuenya tinggi, bilamana iphone keok dengan USB dibawah 2.0 artinya resell nya terbatas. Dan saya rasa anda harus provide link atau screen shoot untuk backup pake wifi dan kirimin2an address book pake bluetooth.

      6. —

      7. Fasilitas bawaan Ovi Maps dari nokia adalah gratis. Sygic untuk indonesia harganya Rp. 400rb. Bilamana anda bilang dapat di download gratis pake jailbreak artinya mencuri. dan peta/maps itu tiap beberapa lama berubah. ovi update tetap gratis, apa sygic juga sama???

      Thanks ya untuk jawabannya. semoga kita masih bisa saling bertukar pikiran.

      • hanin mengatakan:

        Haha… ternyata pengalaman kita beda ya.

        1. Good point. Saya lihat dari sisi segmentasi, Anda dari whole market.

        2b. Saya tidak punya credit card, tapi sumpah demi tautatis saya punya account di itunes. Maaf, saya tidak melakukan carding. Bukan sok alim, tapi emang gak bisa😀

        2c. Jailbreak itu untuk memasukkan aplikasi yang tidak digitally signed oleh appstore. Sedangkan untuk main dengan operator non-bundel itu istilahnya unlock (selain bundle, Apple sendiri menjual juga iPhone versi unlock). Keduanya hal yang berbeda, dan keduanya legal. Maaf, saya justru menyukai iPhone karena saya bisa oprek dalemannya, termasuk mengutik-utik source aplikasinya. Mungkin kalau saya punya Android-based phone juga bakal saya oprek habis-habisan.

        3. Damn right, saya malas jalan-jalan ke link itu. Big sorry then. Still, setahu saya, download aplikasi di appstore harus provide password. Kalau anak 6 tahun aja bisa tahu password orangtuanya, well, it’s a social engineering matter, not a security thing.

        4. Sorry, di posting Anda ngga cerita itu pengalaman di luar negri. Saya pikir itu kondisi di dalam negri. iPhone di US dan Singapore dijual versi unlock-nya lho. Kalau Anda main ke sana, boleh dong nitip😛

        5. Maaf, saya ngga paham hubungan resell value dengan usb 1.0. Sepanjang pengetahuan saya yang minim ini, sekarang sudah tidak ada hardware baru dengan spek 1.0. Malah spek USB 3.0 sudah diperkenalkan.

        7. Peta Papago bisa diupdate dari peta navigasi.net gratis. Saya tidak pernah bilang kedua software itu saya download gratis😀

        Btw, kalo Anda sudah ngga suka dengan iPhone Anda, saya bisa tampung kok. Gratis… hehehe.

        Peace!

  2. tariftelpon mengatakan:

    Pertama2 makasih ya mas, sudah mau bertukar pikiran dengan saya.

    Sebenernya saya tujukan kekurangan iphone ini untuk kawan2 kita yang tidak punya iphone, dan punya hp lainnya seperti nokia supaya tidak merasa minder. Walaupun saya memiliki iphone 2 buah yaitu yang 2G dan 3G, dan sebentar lagi akan dapat yang 3GS karena adik saya di sono masa kontrak yang 3GS akan selesai, saya merasa bahwa iphone tidak seperti apa yang digembar gemborkan media.

    Untuk catatan saja, saya juga memiliki nokia. Nokia saya yang terbaru adalah N8 & C3, sebelomnya saya memakai E61i & N81.

    menjawab comment anda…

    2c. Saya setujui aja. yang artinya bukan untuk bajak-membajak, tetapi masih dalam masalah legalitas. Tetapi pernahkan anda pikir, apakah semua orang seperti anda. Sebagai contoh, saya juga menggunakan redsnow/cydia pada iphone saya, karena saya punya iphone itu versi lock, yang harus pake AT&T. Tetapi, bagaimana dengan orang awam???

    3. Ini adalah masalah besar loh mas. Masalah password emang masalah social enginering, bukan masalah military secret. Banyak orang yang pake password yang gampangan, misalnya tanggal ulang tahun, atau ‘123456’ atau nama binatang kesayangan. Dan karena untuk mendownload applikasi gratis saja, itunes minta password, nah disitulah permasalahannya. Sekali lagi… saya menunjukan ini bukan untuk menjatuhkan iphone, tetapi ingin menunjukan bahwa bagi yang tidak punya iphone jagnan minder, karena iphone bukanlah yang terbaik.

    5. Sebenernya ada, saya punya computer yang canggih, dan bukan 1 buah, tapi saya memakai openSUSE 11.3. Saya hanya memiliki 1 buah computer yang pake WindowsXP, yang pentium4m. dan kebetulan hanya USB1.0. Emang kalau anda bilang computer baru, semua dah pada lebih canggih, tetapi yang ingin saya tekankan disini adalah bahwa apple kalau buat product itu memaksakan kehendak bahwa orang harus punya yang terbaik di PCnya. sedangkan nokia mempunyai prinsip yang berbeda. bahwa smartphone adalah smart, tidak perlu PC, andaikata mau pake PC untuk support smartphone, PCnya apa saja bisa.
    🙂
    iphone saya tuh adalah alat entertainment anak2 saya yang usianya 3 thn & 4 thn.

    • adit38 mengatakan:

      saya kira fakta bahwa iphone bukan hape terbaik sudah jelas sekali. kalau msh ada yg menganggapnya terbaik juga ga salah, tapi fakta yg ga bs disangkal, tidak yg terbaik bagi semua orang.

    • hanin mengatakan:

      Well, dari semua diskusi kita, saya masih memahami bahwa itu adalah kelakuan khas Apple, ngga cuman iPhone, tapi di MacBook dan iPod juga. Di MacBook, untuk presentasi, Anda harus punya proyektor dengan koneksi USB atau wifi. Tidak ada konektor serial di Macbook.

      Apapun, saya setuju, tidak perlu minder dengan apapun HP yang kita pakai. Bahkan adik Anda, yang masih pakai handset cuma sekelas handset entertainment anak umur 3 & 4 tahun …

      Don’t judge a man by his phone, hehehe.
      Case closed.

  3. baronlay mengatakan:

    duh kalian ini bener2 matching banget bertukar pikirannya, aku bacanya ampe terkagum2 euy hahaha tak semua orang memiliki iphone, nokia ada dimana2, untuk orang awam nan miskin, status social nya bisa naik daun jikalu pegang iphone haha pdhal blm tentu jua bisa makenya, mending pake versi replikanya saja hehe iphone emang canggih, tp tak secanggih smartphone nokia, aku yg awam tak punya pc, bisa mati kutu kena canggihnya iphune… Apa yg tak bs dilakukan oleh hp nokia dibwh 2jt ? Adu ketahanan fisik kedua hp yuk? Kita pura2 hp terpeleset dr tangan haha canda bah. . .

    • tariftelpon mengatakan:

      Sebenernya anak saya yang masih kuecil pake iphone bukan karena saya kelebihan duit. buahahaha….

      Tadinya saudara saya itu kasih ke saya iphone, mau nyuruh saya pake iphone. Saya dah coba pake iphone 2 bulan lebih, tapi ternyata saya cinta mati ama symbian. Beberapa masalah yang saya utarakan mengenai iphone disini adalah masalah yang saya temui ketika memakai iphone.

      Pendek kata, saya merasa lebih produktif dengan nokia phone saya, lalu karena saya tidak tau mau diapakan itu iphone, yah, jadinya saya kasih ke anak2 pake untuk main game dan liat youtube. hahaha. dan game nya download yang trial / addware.

  4. rio mengatakan:

    sebagus dan secanggih apapun..kalau ga bisa di nikmati setiap orang,tak akan pernah menjadi yg terbesar.dan lama2 mati sendiri…

  5. apri mengatakan:

    intinya gampang koq klo ada yang protes sama tulisan ini😀

    apple fan boy emang keras kepala😀, i love apple product, it’s great, tapi kelakuan fanboy yang muja2 produk apple bahkan om setip itu yang bikin saya benci sama apple😀

  6. Alfil Mussofa mengatakan:

    oalah, memang kalau orang tidak mengerti / menggunakan iphone pasti benci

  7. Arief mengatakan:

    Bener mas gua setuju bgt,sebelumnya gua pake android menurut gua ok lah.trus skrng gua pake iPhone 3g,ampun dah smua Serbs sulit Dan hpnya sendiri sgat byk sekali kekurangannya.asli gua sgat nyesel bget,hrganya mahal tapi kyk hp kacangan.gua bakal balik lgi ke android ajalah yg ketawan lbih kompetebel.

  8. iphone 4 bamboo cases mengatakan:

    I just dropped by to read this place. It seems to be really interesting and I enjoyed reading it, thanks for the helpful writing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: