Mencari duit dari menjual aplikasi & Content

Pernakah anda berpikir bahwa menjual software/aplikasi itu susah? Sebenernya tidak juga. berikut ini adalah tips bagi kawan2 yang berjiwa programmer.

QT (http://qt.nokia.com).

QT (bacanya: cute) adalah cross platform development program, yang artinya dapat membuat program untuk berbagai platform. QT tersedia untuk versi Windows, Linux dan Machintos.

QT dapat membuat binary untuk linux, windows, machintos, symbian, maemo/meego, windowsCE, embeded Linux. Yang dalam bahasa sehari2nya artinya, dengan menggunakan QT kita dapat membuat aplikasi untuk linux, windows, machintos, symbian, maemo/meego, windowsCE, embeded linux.

Kelebihan QT dibandingkan dengan aplikasi pemrogramman lainnya adalah QT selain development platform juga merupakan framework, yang artinya bilamana kita membuat program dengan QT, hanya perlu 1 source code tanpa #IFDEF untuk semua OS tersebut. Alias GAMPANG, tidak repot. Dan yang terpenting adalah…. QT itu GRATIS!!

Lalu kenapa ini semua penting…. karena dengan QT kita dapat membuat aplikasi untuk handphone nokia kita.

NOKIA dengan Ovi Publish

apa sih hebatnya nokia, semua bilang apple app store itu terhebat, kenapa saya membuat aplikasi untuk nokia?
1. Nokia menjual lebih banyak handphone dalam 1 tahun dari pada apple dalam 1 dekade.
2. Karena terbius iphone/iOS, dan karena media america tidak menyukai nokia (artikel menyusul), maka dari itu aplikasi di nokia masih tidak sebanyak di iphone, yang artinya saingan lebih dikit.
3. Untuk pembagian hasil, nokia adalah 70-30/60-40, yang artinya untuk pembayaran dengan kartu kredit, developer mendapat 70%, sedangkan untuk operator billing, developer mendapat 60%. Pembagian hasil ini lebih besar jauh dibandingkan dengan yang ditawarkan apple.
4. Karena bisa operator billing, artinya bisa dapat income lebih banyak. Data yang saya dapat dari nokia, bahwa di jerman saja, yang termasuk negara maju, hanya 30% dari penduduknya yang dalam umur produktif, yang memiliki kartu kredit. Dan menurut nokia dengan operator billing dapat menjangkau customer kurang lebih 5x lebih banyak dari pada credit card biling.
5. Menjual aplikasi gampang, hanya perlu daftar di https://publish.ovi.com.

*catatan untuk hp yang di bawah S60v3FP2, harus menggunakan carbide, tidak bisa dengan QT.

UPDATE

  • Nokia publish selain menerima aplikasi, juga menerima kontent. Yang dimaksud dengan konten adalah apa saja selain aplikasi, yaitu wallpaper, themes, music/ring-tone, video clip.
  • Aplikasi dan/atau content yang kita upload ke OVI STORE/OVI PUBLISH bukan hanya untuk dijual ke Indonesia. OVI store itu bersifat international, artinya dari negara mana aja bisa membeli aplikasi tersebut

Tambahan: Ini adalah cerita mengenai anak 12 tahun dari bandung yang membuat aplikasi untuk nokia dan muncul di OVI STORE

11 Responses to Mencari duit dari menjual aplikasi & Content

  1. Ping-balik: Fakta seputar Nokia/Symbian dan Android/Windows7 « tariftelpon

  2. yecruzsulla mengatakan:

    sayangnya user nokia lebih suka yang namanya hacking n cracked apps he he

    piye jal:mrgreen:

  3. yecruzsulla mengatakan:

    sami mawon he he

  4. Ping-balik: Rumor : Nokia N9-00 Menggunakan Processor Intel Atom 1,2 Ghz? « Blognya Adit38

  5. Ping-balik: Kejayaan Nokia « tariftelpon

  6. Sibanu mengatakan:

    ada tutorialnya gag mas??

  7. alby mengatakan:

    apakah tidak bisa menggunakan java atau vb om…………

  8. Thanks for one’s marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you are a great author. I will make certain to bookmark your blog and will eventually come back at some point. I want to encourage you continue your great work, have a nice evening!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: