Tips membeli layanan internet

Berikut ini adalah kiat berlangganan internet. Yang akan saya tekankan bukanlah pilih operator selular mana, tetapi hal2 yang lebih mendasar.

Wireless vs. Wired.

Berlangganan internet wireless memiliki keuntungan yang tidak dapat dilawan oleh wired, yaitu keuntungan dapat bergerak2 dan masih dapat menikmati internet. Dan bilamana pengguna adalah orang yang tinggal sendiri (misalnya kost), tidak ada gunanya berlangganan 2 internet (wired+wireless). Akan tetapi internet Wired memiliki keuntungan yang tidak dapat dilawan oleh wireless, yaitu Kecepatan yang lebih stabil & hampir tidak ada quota.

Permasalahan wireless yang utama adalah Bandwith (kecepatan) itu dipengaruhi oleh jumlah orang yang akses ke BTS (Base Transmission Station) pada saat bersamaan. Apabila sebuah BTS memiliki misalnya 300MBPs, dan hanya 1 orang yang sedang ber-internet ria, yang lainnya tidur, theoretical maximum speednya adalah 300MBps atau sesuai dengan technology handphonenya… mana yang lebih rendah (kalo handphonenya cuma bisa GPRS ya ngak bisa cepet juga). Hal inilah yang menyebabkan wireless & wired selalu ada pro & kontranya.

Layanan internet wired pada saat ini yang terbaik adalah menggunakan Fiber optik seperti layanan biznet. Layanan dengan fiber optic ini memiliki theoretical maximum speed sebesar 40GBps. Pada saat ini kita dapat menyewa internet dengan link ke internet dari biznet dengan kecepatan up to 20MBps dengan dengan QOS 5jam. Yang artinya dalam 1 tahun di jamin downtime dan gangguan speed bila di total tidak melebihi dari 5 jam. Tetapi kedepannya biznet dapat saja memberikan layanan 100MBps atau 1GBps ke pelanggan tanpa upgrade hardware/software apapun. Di luar negri layanan internet dengan fiber berkecepatan 100Mbps sampai ke rumah bukan barang aneh lagi. Pada saat ini telkom juga sedang merubah jaringan mereka untuk dapat memberikan layanan fiber optik secara national di tahun 2015.

Solusi Hybrid atau solusi banci?

Selain wired dan wireless tersebut, baru2 ini ada layanan yang sebenernya termasuk hybrid/banci solution. Saya katakan hybrid/banci karena menurut saya solusinya tidak bener2 true wireless. Layanan tersebut adalah WiMax dari Sitar yang dimiliki oleh Lippo Group.

Kekurangan dari layanan Wimax ini adalah, walaupun sebenernya wireless, tetapi tidak benar2 true wireless. Lisensi Wimax di Indonesia adalah per daerah. bukan national. Jadi apabila saya berlangganan wimax ke perusahaan sitar tersebut di jakarta, saya hanya bisa pake di jakarta, karena sitar hanya beroperasi di jakarta saja.

Emang secara harga wimax mengikuti harga wired dan di arahkan untuk bersaing dengan FastNet & Telkom Speedy dengan pertimbangan harga wired tapi bisa di gotong2 ke seluruh jakarta. Tetapi jangan lupa, bahwa karena technologynya wireless, maka wimax tidak dapat melawan kekurangan utama dari wireless, yaitu bahwa bandwithnya itu di share. Jadi bilamana ada 1000 pelanggan di suatu daerah, sudah pasti semua pelanggan tersebut akan ngomel2. Hal ini berbeda dengan FastNet, Speedy & Biznet yang menggunakan technology wired, yang tidak akan ada masalah tersebut. Dan juga dikarenakan Sitar dari Lipo Group mentargetkan pelanggan wired, dan memberikan paket tanpa quota, maka itu kemungkinan besar penggunanya akan memakai bandwith besar2an seperti wired. Dan jangan kaget juga bilamana misalnya di tahun2 akan datang layanan dengan kecepatan 20MBps dengan technology kabel telpon atau coaxial dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Karena di luar negri semisal singapore, hongkong, korea, japan, findland, new zealand, layanan 20MBps ke rumah menguasai lebih dari 70% layanan broadband.

Selain itu yang ingin saya tambahkan adalah, Wimax sebenerya sudah ada dari 10 tahun yang lalu. Andai saja waktu itu Wimax berkembang di Indonesia, tentu saja pasti sudah menguasai pasar secara besar2an, karena waktu itu persaingan masih dikit, dan wimax mampu bersaing dengan wired. Akan tetapi WiMax di luar negri sudah mulai di afkir, karena technologynya mulai terasa jadul, dan jadi seperti technology banci, karena true mobile akan menggunakan celular technology yang bisa dipakai seluruh national dan bahkan bisa dipakai ketika ke luar negri (baik dengan cara roaming, atau beli kartu perdana di luar negri). Dan yang bener2 mengharapkan bandwith besar dengan stabilitas tinggi tidak akan mau meninggalkan technology wired nya (semisal fiber optic).

2 Responses to Tips membeli layanan internet

  1. Ping-balik: WiMax « tariftelpon

  2. baronlay mengatakan:

    Mantapppp pak. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: