Kejayaan Nokia

Ini adalah sejarah dan cerita pendek mengenai nokia yang saya sadur dari sumber2 di internet.

Walaupun handphone yang pertama di ciptakan oleh motorola, tetapi perusahaan telpon pertama yang menjual layanan handphone di dunia adalah NTT DoCoMo di Jepang pada tahun 1979. Pada saat itu nokia adalah multi-industri konglomerat di Finlandia, menjual dari TV, komputer, ban mobil, sepatu karet, tisue, kabel, sampai ke radio milter.

Hanya dalam 11 tahun saja nokia berhasil melewati motorola dan menjadi perusahaan handphone terbesar pada tahun 1998. Mulai dari Januari 2000, ke piawaian nokia dalam memasarkan handphone menjadikan nokia lebih besar di bandingkan perusahaan handphone ke dua dan ke tiga di jumlah penjualannya pada setiap tahunnya. Hal ini terus berlangsung sampai akhir December 2009. Selama 10 tahun menjadi yang pertama di setiap tahunnya, dan lebih besar dari pada yang kedua dan ketiga digabung. Sejak january tahun 2000, nokia telah menjual 2.7 milyard handphone. Dan handphone nokia yang masih aktif saat ini mencapat 1.4 billion yang artinya 20% dari penduduk di muka bumi ini memakai nokia pada saat ini. Tidak ada alat elektronik merek lain yang pernah mencapai jumlah ini. Penjualan Walkman dari sony, atau PC, atau TV tidak pernah mencapai angka fantastis ini.

Untuk perbandingan, Blackberry yang dikatakan oleh media2 di Indonesia penjualannya mengikis nokia, mencapai penjualannya yang ke 50 juta buah setelah 10 tahun. Yaitu pada Febuary 2009. iphone yang di gembar gemborkan media amerika, telah menjual 73.5 juta buah handphone dalam waktu 2.5 tahun. Lebih baik dari RIM, tapi masih kalah jauh dibandingkan dengan penjualan nokia yang menjual 459.5juta buah handphone hanya pada kurun waktu tahun 2010 saja.

Sebagai gambaran seberapa besar kejayaan nokia. Pada saat ini lebih banyak handphone nokia yang aktif, yaitu 1.4 milyard, dibandingkan jumlah seluruh fixed line di seluruh dunia (saluran kabel seperti yang dari PT. Telkom). Dan juga pada saat ini ada sekitar 1 milyard komputer yang aktif dari berbagai merek, ponsel nokia yang aktif lebih banyak dibandingkan dengan komputer yang aktif dari berbagai merek.

Ovi store di luncurkan pada January 2010, pada bulan febuary 2010, hanya dalam kurun waktu 1 bulan, Nimbuzz telah di download 1 juta kali dari Ovi Store. Pada bulan april 2010, jumlah download telah mencapai 1.7 juta download per hari. Pada bulan Oktober 2010, jumlah pengguna ovi store telah mencapai 140 juta pelanggan dengan 2.3 juta download per hari. JAUH lebih banyak dari pada pelanggan Apple App Store, atau BlackBery Market. Pada january 2011 jumlah download per hari mencapai 3.5 juta download dengan 180 juta pelanggan. Hal ini jugalah yang menyebabkan membuat aplikasi untuk nokia mempunyai target market yang lebih besar dibandingkan membuat aplikasi untuk platform lain.

Sekedar data tambahan. Timex, perusahaan yang paling banyak menjual jam tangan telah menjual 1 milyard jam tangan pada tahun 2003. Ini adalah penjualan selama 80 tahun. Sony menjual walkman kurang dari 100 juta buah saja. Pada saat ini nokia telah menjual handphone yang dapat memainkan lagu MP3 sebanyak 800 juta buah. Angka ini lebih banyak daripada jumlah penjualan semua merek walkman + discman + mp3 player di gabungkan.

Nokia Tunes adalah lagu yang paling banyak pernah di denger di dunia. Nokia tunes adalah lagu yang anda denger ketika menyalakan handphone nokia anda. Sebagai perbandingan Beatles menjual 1.3 milyard album. Michael Jackson & Elvis masing2 total 1 milyard album juga. Nokia tunes telah terjual bersamaan dengan nokia handphone sebanyak hampir 3 milyard. Tidak akan lama lagi nokia tunes akan ‘terjual’ lebih banyak dari album beatles + michael jackson + elvis.

Bedasarkan data dari CIPA – Camera Imaging Products Association, total penjual digital kamera mencapai 111 juta unit pada tahun 2008, penjualan kamera non-digital tidak pernah mencapai 50 juta unit. Penjualan handphone nokia yang dilengkapi dengan kamera mencapai 1 milyard handphone. Nokia menjual lebih banyak camera dibandingkan penjualan seluruh merek digital camera non-telepon di tambah non-digital camera. Jadi bila ada yang menanyakan siapa perusahaan kamera terbesar di dunia, bukan nikon, bukan canon, bukan minolta (dah bangkrut), bukan konika (juga dah bangkrut), bukan kodak (hampir bangkrut), dan juga bukan polaroid (udah bangrkut 2 kali)

Nokia juga merupakan perusahaan yang paling banyak menjual alat navigasi GPS & radio FM. Dan juga telah menjual lebih banyak handphone dari pada seluruh jumlah penjualan TV di dunia dijumlah. Nokia juga merupakan perusahaan yang menjual alat dengan wifi terbanyak di dunia. Nokia juga merupakan perusahaan yang menjual handphone dengan touch screen, QWERTY keyboard, hybrid touch screen + QEWRTY terbanyak di dunia.

Nokia tidak menjadi perusahaan yang terkenal di Indonesia & juga di seluruh dunia begitu saja. Nama Nokia begitu merekat di masyarakat Indonesia & dunia karena emang Nokia ternyata perusahaan yang barang elektroniknya paling banyak dibeli oleh kita semua.

 

UPDATE:

harap melihat lanjutan article ini disini:

https://tariftelpon.wordpress.com/2011/01/29/kenapa-america-membenci-nokia/

https://tariftelpon.wordpress.com/2011/02/15/dijajah-amerika/

 

 

16 Responses to Kejayaan Nokia

  1. droid mengatakan:

    nokia masa lalu, skrg udah android jamannya.

  2. Echo mengatakan:

    Nokia is the best.!
    Dlu smpe skrg ga ada matinya..
    OS laen, lewaaat…

  3. adit38 mengatakan:

    meego emang harapan nokia utk terus bersaing.

  4. safri4di mengatakan:

    nokia hrus mengambil kputusan tpat tahun ini kalo tidak bs saja nokia kalah persaingan.. Hidup nokia

  5. Ping-balik: Kenapa America membenci Nokia « tariftelpon

  6. baronlay mengatakan:

    Mantap ne sejarahnya NOKIA pak, slalu inget motto nya, Connecting People.. . . Yep, Nokia is The Best of the BEST. . .

  7. AnggA mengatakan:

    nokia geto loh

  8. Ping-balik: Dijajah Amerika « tariftelpon

  9. abank mengatakan:

    HIDUP NOKIA !!

  10. jadul mengatakan:

    selamat datang didunia bisnis mister nokia. bisnis itu kadang diatas kadang dibawah, siapa yang lengah pasti akan disalip oleh pesaingnya, baik dengan cara bersih atau dengan cara kotor.

    menurut saya nokia selama ini selalu menjual produk produk baru nya over value untuk kemudian langsung drop harganya hanya dalam hitungan bulan, ini karena nokia selalu merasa sebagai raja, nomor 1, sehingga nokia pikir apapun produk yang dibikin oleh nokia dan semahal apapun harganya pasti akan laku.

    karena selalu merasa menjadi raja sehingga nokia lengah, tidak melakukan perbaikan dan update yang berarti, sehingga para pesaingnya yang lebih up to date dan punya best value mudah masuk menghancurkan nokia. dan juga sekarang konsumen sudah lebih pintar memilih produk, mana yang lebih baik.

    yang seharusnya sebagai raja adalah konsumen, merk merk produk itu adalah pelayannya, jadi siapa yang bisa melayani rajanya dengan baik maka dia itu yang akan selalu dipakai oleh sang raja.😀

  11. Rudi Salman mengatakan:

    Kangen sama hp jadul nokia 8250, 8210, 2100, 9500 produksi sekali aja seri jadul nokia pasti laris, karna waktu hp jadul nokia lagi jaya dompet lagi tongpes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: