Kenapa saham nokia jeblok setelah kawin kaget dengan Microsoft

Bagi yang membaca berita perkawinan microsoft nokia dan membaca betapa hebatnya perkawinan di surga antara keduanya, tentu akan disajikan data2 fantastis kenapa ini menguntungkan nokia dan microsoft. Tapi ada satu hal yang sengaja tidak disajikan oleh media Amerika. Yaitu saham nokia yang anjlok era kawin kaget dengan microsoft.

Ini benar2 aneh, karena biasanya bila nokia membuat kesalahan dan sahamnya turun dikit, media amerika akan banyak mulut. Tetapi pada saat saham nokia turun karena menguntungkan amerika, medianya diam saja.

Berikut ini adalah kenapa saham nokia turun.

1. Microsoft mempunyai hubungan buruk dengan berbagai manufaktur handphone. Sebagai contoh, HTC yang memproduksi lebih dari 50% Windows Mobile phone lari ke kubu android karena capek dengan Microsoft. Motorola yang juga pernah memproduksi Windows Phone, mengatakan tidak akan memproduksi Windows7. Microsoft memproduksi Microsoft Sidekick/Kin phone yang hanya dijual dalam waktu 6 minggu, dan di tarik dari pasaran karena tidak ada pembeli. Samsung, LG, SonyErricson juga lebih memilih Android di bandingkan WP7. Hal ini menunjukan nokia salah kaprah.

2.  Nokia membeli symbian Foundation seharga 8 billion US$, dan pada saat elop mengumumkan akan berhenti menggunakan symbian artinya membuang 8 billion US$.

3. Nokia membeli Navteq (OVI MAPS) seharga 7 billion US$, dan pada saat elop bilang akan mengintegrasikan OVI maps ke dalam WP7 yang akan bisa dipakai oleh semua WP7 phone maker, berarti nokia telah hilang differentiation aset sebesar 7 billion US$. — maksudnya, salah satu yang membedakan handset nokia dengan yang lainnya saat ini adalah Ovi Maps. apabila ovi maps bisa dipake di hp merek lain gratis, nokia hilang sesuatu yang menjadikannya unik. Sekedar cerita…. Nokia pernah mempunyai pengalaman pahit dalam melawan RIM (Blackberry). Pada saat itu Nokia communicator merajai penjualan enterprise. Dan tiba2 BB dengan BBM nya muncul. Pada saat itu nokia tidak menganggap RIM sebagai lawan, dan ingin bekerja sama dalam hal BBM, maka itu nokia E series yang awal2 bisa BBM seperti misalnya E61, E61i, E50. Tetapi RIM takut bila nokia pake BBM akan buat RIM mati. Ini adalah yang artinya differentiation. RIM dapat menjadi salah satu yang terdepan karena memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh yang lainnya, yaitu BBM. Walaupun pada saat ini Android, iOS, symbian semua dah bisa chatting. Tapi RIM ada yang unik yang lain tidak bisa. Dan nokia juga memiliki keunikan dalam hal Ovi maps…. pada saat ini…

4. HP membeli Palm karena ingin menjadi leader bukan follower. RIM (Black Berry) menyadari bahwa untuk maju di masa yang akan datang harus ganti OS, mereka tidak pake Windows7 atau Android, tetapi membeli QNX neutrino. Samsung membuat BadaOS. Pada saat semua yang ingin jadi leader buat OS sendiri, Nokia yang punya OS sendiri malah buang OSnya. Yang artinya nokia telah kehilangan visi dalam leadership.

5. penjualan Symbian^3 dalam waktu yang sama mengalahkan penjualan WP7. Sama2 diluncurkan pada Q4 2010, tetapi Symbian^3 berhasil mengalahkan WP7 3.3 lipat. Padahal jumlah perangkat Symbian^3 dari nokia hanya 3 buah, sedangkan pada kubu WP7 ada 12 buah type dari berbagai manufaktur.

6. Opera mendapat uang dari search engine, yang artinya pada saat kita masuk ke opera browser dan menggunakan default search enginenya opera, opera mendapatkan sharing revenue dari search engine. Begitu juga dengan nokia. Tetapi ketika nokia berubah memakai WP7, artinya nokia akan kehilangan income tersebut.

7. Salah satu penghasilan apple terbesar bukan dari menjual handphonenya, tetapi karena menjual applikasi untuk iphone. Ketika user membeli aplikasi untuk iphone atau apa saja dari program untuk iphone, apple mendapatkan 50% dari segalanya. Pada nokia, nokia mendapat 30% dari applikasi yang di download dari ovi store. pada saat nokia memakai WP7, nokia tidak akan mendapat income, microsoft yang mendapat income tersebut.

8. Kemungkinan besar dengan memakai WP7 penjualan nokia akan semakin hancur.

 

UPDATE:

HARAP ISI PETISI INI: https://tariftelpon.wordpress.com/2011/02/18/petisi-untuk-menyelamatkan-symbian/

32 Responses to Kenapa saham nokia jeblok setelah kawin kaget dengan Microsoft

  1. mierza mengatakan:

    Astaghfirullah…

  2. dede6699 mengatakan:

    wadduhh +- nih..tp ky’a bnyk -.. Elop tuh pembawa’a.. Bisa” aq pndah sm sony lg nih..hee..

  3. eykin mengatakan:

    kesalahan besar Nokia adalah memilih Elop jadi CEO, anjritt…

  4. doni mengatakan:

    ayo dukung nokia plan B😀

  5. joe mengatakan:

    artikel d atas masuk akal,tar lama2 ovimaps di pake wp7 ama ovistore dpenuhi apps wp7 males ane.elop jadikan campuran nasi uduk aja dah. . .

  6. anto mengatakan:

    hncurlah nokia.

  7. theone mengatakan:

    menunggu hancuernya aja tuh lg

  8. Ancok noken as mengatakan:

    wah di hp nokia jadul ane aja bisa jalanin 4 aplikasi sekaligus mp3,web bawaan hp dowload video,opera mini komen wordpress,chatting nimbuzz hp gk eror udh gtu batre lumayan awet …klo wp7 udh boros batre gk bisa multitasking lg …

  9. Ancok noken as mengatakan:

    meego OS malah di undur …jgan2 malah di batalin …klo nokia tetep kukuh pke wp7 selingkuh ke robot hijau aja deh …sambil nunggu froyo murah …meski boros batre apa boleh buat …krna symbian mau di kubur hidup2 ane gk pnya pilihan lain …

    • tariftelpon mengatakan:

      tidak mungkin, karena elop ex-microsoft dan merupakan individu yang memiliki saham mickysoft yang terbessar ke 7 di dunia.

      jadinya ngak ada robot gendut hijau…
      robot kuning ceking digeser…. robot hijau juga tidak mau

  10. Izal mengatakan:

    Selamat buat pak Elop. Semoga anda mendapat siksa kubur karena membunuh anak sendiri.

  11. cumi palsu mengatakan:

    padahal sy lg ngincer n8,eee malah ada kabar buruk..

  12. Ghie mengatakan:

    tunggu aja tgl mainnya

  13. dugal ngupoyo mengatakan:

    ngincer android ajalah… Xperia series hehehe

    • tariftelpon mengatakan:

      sepertinya di masa akan datang saya mau liat siapa tau meego ada dari perusahaan lain, karena itu kan kolaborasi nokia-intel, dan intel tidak mundur di meego.

      denger2 acer tetap continue dengan meego

  14. dugal ngupoyo mengatakan:

    weh si ancok ngol dimari

  15. Ping-balik: Petisi untuk menyelamatkan Symbian « tariftelpon

  16. sulh4n mengatakan:

    Elop di Sogok ma Bill gates makanya pake W7.. Kira2 brapa $ ya nyogoknya hehe

    • tariftelpon mengatakan:

      elop itu adalah orang yang memiliki saham microsoft yang sangat banyak
      ke 7 terbanyak….
      jadi wajar bila dia melakukan tindakan yang menguntungkan microsoft
      karena dia akan dapat hasilnya juga

  17. eykin mengatakan:

    ini ada ceritanya si jorma ollila
    di paksa pilih elop… mau???

    mau mas, tolong dibikin postingan tersendiri..

  18. djvu mengatakan:

    Solusi paling bijak adalah Nokia segera bentuj tim engineering khusus dan terpisah untuk mengembangkan Meego dan harus rilis tahun ini
    Apapun hasilnya harus tetap rilis tahun ini jika mau berkompetisi di smartphone
    Dari rilis awal maka seiring waktu Nokia akan belajar dr feedback user apa yg diinginkan dr sebuah smartphone Meego
    Tengok Android dan iOS pas rilis pertama
    Apanya yg hebat, …?? Android cupcake 1.5 maupin donut 1.6 dibilang proyek uji coba oleh google
    Belym bisa kirim file by bluetooth, limitasi heapsize, UI yg jelek.. Tapi krn mau belajar, dan terus risey maka akan terus berkembang..
    Meego sangat potensial, hanya jika Nokia mau memperhatikannya..

  19. orang gila mengatakan:

    apa pun yang di buat nokia silahkan dibuat,.,.,., ane cuma konsumen, menurut ane bagus ya ane beli.
    ya seandainya symbian mundur dari nokia, mungkin WP7 tidak seburuk yang kita kira,.,.,. coba dulu baru bicara, bukan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: